20 January 2011

Shalat Khusyu`




“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh amat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu`, yaitu orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka kembali kepadaNya.” (QS Al-Baqarah 45-46)

“Dirikanlah shalat demi untuk mengingat-Ku.” (QS Thaha 14)

“Janganlah kalian mendekat kepada shalat dalam keadaan sedang mabuk,
sampai kalian mengerti apa yang kalian ucapkan.“ (QS An-Nisa 43)

Keutamaan Shalat Khusyu`
“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang khusyu` dalam shalatnya.” (QS Al-Mu`minun 1-2)

“Wahai manusia, jika engkau benar-benar berjalan menunju Tuhanmu, maka pasti engkau akan menemui-Nya.“ (QS Al-Insyiqaq 6)

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.“ (QS Al-Ankabut 45)

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (Al-Qur`an) dan mendirikan shalat dan menafkankan sebagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah menyepurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.“ (QS Fathir 29-30).

Peringatan Jika Shalat Tidak Khusyu`
“Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai akan shalatnya, orang-orang yang berbuat riya.“ (QS Al-Ma`un 4-6)

“Allah tidak akan memandang kepada shalat yang dikerjakan oleh seseorang yang di dalam shalatnya ia tidak menghadirkan hatinya bersama tubuhnya.” (Al-Hadits)

“Barangsiapa tidak tercegah oleh salatnya dari perbuatan keji dan mungkar, maka ia hanya akan semakin jauh dari Allah“. (Al-Hadits)

Bagaimana untuk Khusyu`
“Dan bertawakkalah kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang. Yang melihat kamu ketika kamu berdiri (untuk shalat), dan (melihat pula) perubahan gerak tubuhmu di antara orang-orang yang sujud.“ (QS Asy-Syu`araa` 217-219)

“Sholatlah kamu seolah-olah kamu melihat Allah di hadapanmu… jika tidak bisa, ketahuilah dan rasakanlah bahwa memang Allah sedang melihatmu sedang sholat.” (Al-Hadits)

“Apabila engkau melakukan shalat, maka shalatlah seperti shalat orang berpamitan.“ (Al-Hadits)

No comments:

Post a Comment